Sharing File di Ubuntu....

Salam Open Source....!!!


Untuk postingan kali ini saya akan mencoba membahas tentang "sharing file di ubuntu".
Bagi anda yang baru di dunia open source mungkin masih bingung bagaimana sih caranya sharing file kalo di ubuntu. Berdasarkan info yang ada saya dapat dari teman saya yang udah lama di open source, anda bisa sharing file bila anda sudah punya "samba". bila anda masih belum punya "samba", anda bisa mendownloadnya dengan cara sbb:
1. Buka dulu terminal, Applications --> Accessories --> Terminal.
2. Kemudian ketik : sudo apt-get install samba, kemudian tekan enter.

Lalu kita seting samba-nya:
1. ketik "sudo gedit /etc/samba/smb.conf" di terminal
2. tambahkan "usershare owner only = false" di bawah [global]
3. kemudian simpan dan keluar...
4. restart sambanya.... caranya: ketik "sudo /etc/init.d/samba restart" di terminal

Setelah anda sudah mempunyai samba, anda sudah bisa sharing file.
Caranya sbb:
1. klik kanan pada folder yang akan di share, pilih "Sharing Options".
2. kemudian centang (v) "Share this folder" dan "Guest access (for people whitout a user account)"
3. kemudian klik "Create Share"..
4. anda sudah bisa sharing file sekarang......

Kiranya cukup segitu saja yang bisa saya uraikan. Mengingat saya masih seorang Newbe, jika masih ada kesalahan harap maklum ya,,,,,

Ow iya, saran dan kritik yg membangun sangat saya harapkan....

Terima kasih.... Matur Nuwun..... Thank you.....

2 komentar:

mazumam 9 April 2010 pukul 21.33  

pertamax....

salam opensource...!!!

salam tux

Nafis Khoirul Huda 9 April 2010 pukul 22.32  

SOLARRRR.....

hahaha....

Posting Komentar

About this blog

Pages

Powered By Blogger

Followers

About Me

Foto Saya
Nafis Khoirul Huda
Nim : A11.2008.04207 Kelompok : A11.4605
Lihat profil lengkapku

Blog Archive